Dalam kehidupan jaman sekarang atau orang sekarang bilang "Jaman Now" atau juga ada yang menyatakan "Jaman Milenial". Entah apapun sebutan jaman sekarang, musik selalu mengiringi di setiap generasi dan selalu berkembang sesuai dengan selera masing-masing generasinya. Musik yang awalnya terbentuk dari bunyian alat-alat yang sederhana yang ditabuh dengan tangan hingga kini bisa kita nikmati musik yang berasal dari aneka alat-alat musik mampu menciptakan suasana yang membuat siapapun yang mendengar bisa terhibur.

Ya memang tidak serta merta langsung terhibur, ini karena masing-masing orang memiliki selera yang berbeda terutama mendengarkan jenis musik yang disukainya. Ada yang menyukai musik yang tenang "Easy Listening" dan tak sedikit pula yang suka mendengarkan dan memainkan musik yang keras "Hard Rock". 

Musik bisa dijadikan hiburan sekaligus profesi bagi orang tertentu. Musik adalah bagian dari seni yang tentunya memiliki keindahan apabila kita memang bersedia menikmatinya sehingga timbulah sesuatu yang indah dalam musik itu. Ada yang menilai musik ini indah sementara musik itu tidak bagus, namun pada hakekatnya semua aliran musik adalah seni dan mengandung keindahan yang luar bisa hingga banyak orang terbuai dengannya.

Mendengarkan musik bisa saja bosan, terutama jenis musik yang seringkali didengarkan walaupun itu musik yang disukainya. Untuk mengilangkan kejenuhan, sebaiknya menikmati musik yang beraneka ragam atau paling tidak mencari musik yang penyanyinya bervariasi.

Di Indonesia banyak sekali musik tercipta, ada dari group band ataupun penyanyi solo. Mereka menciptakan musik yang berbeda-beda dan karya-karya mereka bisa kita nikmati lewat beraneka media. 

Siapapun boleh bermusik dan membuat musik sesuai selera masing-masing dan mengirimkan karyanya ke media-media sehingga musiknya dikenal banyak orang. Kalau memang musiknya enak didengar dan layak tayang, bisa dipastikan musik atau lagunya bakal melejit ke blantika musik tanah air atau bahkan bisa dikenal sampai ke manca negara.

Akhirnya, selamat berkarya. Mari ciptakan musik yang positif dan enak didengar.
Sampai Jumpa....

KABUPATEN/KOTA

Banjarnegara (5) Batang (1) Blora (2) Boyolali (2) Brebes (5) Cilacap (9) Demak (1) Jepara (4) Karanganyar (2) Kebumen (8) Kendal (4) Kudus (1) Magelang (9) Pati (5) Pekalongan (7) Pemalang (3) Purbalingga (5) Purwodadi (1) Purwokerto (8) Purworejo (7) Rembang (6) Salatiga (5) Semarang (41) Solo (13) Sragen (3) Sukoharjo (4) Tegal (9) Temanggung (5) Wonogiri (2) Wonosobo (8) Yogyakarta (51)
Banyuwangi (2) Bojonegoro (2) Jombang (2) Madiun (7) Malang (7) Ponorogo (2) Surabaya (42)

Kota Lainnya